Belanja Online Dengan Jasa Rekber (Rekening Bersama)

Jika kita akan belanja online di internet dan akan bertransaksi secara individu atau buka di toko online terpercaya alias ke penjual pribadi ada baiknya selalu menggunakan jasa rekber atau Rekening Bersama. Hal tersebut supaya terhindar atau meminimalisasi penipuan online yang tentu sangar merugikan.

Transaksi pembayaran jual beli online dengan menggunakan Rekening Bersama atau Rekber (Escrow) akan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi kita sebagai penjual dan pembeli. Keamanan pembayaran dan kenyamanan bertransaksi menjadi yang utama meski memang jika menggunakan layanan rekber ini salah satu kelemahannya adalah  dibutuhkannya waktu yang lebih banyak dari pada transaksi langsung transper ke penjual online.

Cara kerja rekber memang sedikit membutuhkan waktu, karena semua transaksi dikirim dan dikonfirmasi oleh pihak ketiga alias penyedia layanan rekber. Secara singkat cara kerja nya seperti ini: Si A akan membeli barang ke si B, lalu si A mengirim uang ke si C (rekber) kemudian si B juga mengirim barang juga ke si C. Jadi setiap proses yang dimulai dari penerimaan pembayaran hingga penyaluran barang akan melalui sistem dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh si C selaku jasa rekber.

Belanja Online Dengan Jasa Rekber (Rekening Bersama)
Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika belanja online menggunakan jasa rekening bersama ini kurang lebih:
  • Keamanan bisa terjamin, terutama keamanan dari pihak pembeli karena akan menghindarkan dari aksi penipuan oleh penjual abal-abal alias palsu.
  • Belanja online jadi lebih nyaman, tidak perlu khawatir mengenai kedatangan barang.
  • Pembeli bisa membatalkan jika barang yang diterima ternyata tidak sesuai. 
  • Bagi penjual, secara tidak langsung membuat dirinya atau toko online miliknya lebih dipercaya dan mendapat reputasi baik.
Terlepas dari beberapa keuntungan yang sudah disebutkan di atas, layanan jasa rekber ini tetap memiliki kekurangan meski bukan suatu hal yang sangat negatif contohnya seperti, memakan waktu lama, ada biaya tambahan atau administrasi, juga harus selektif dan hati-hati dalam memilih penyedia layanan rekening bersama yang terpercaya.

Beberapa jasa penyedia layanan rekening bersama yang sudah terkenal dan banyak digunakan diantaranya adalah InaPay, EkiPay , Rekber.id, speedcash.co.id, dan Instarekber. Selain itu masih banyak jasa rekber lainnya yang terpercaya dan bisa digunakan untuk belanja online, silahkan cek reputasi dan testimoni dari rekber tersebut sebelum memutuskan untuk mengunakan jasa layanannya.