Istilah Kata Dalam Jual Beli Online di Internet

Maraknya aktifitas jual beli online via internet menarik untuk diulas termasuk beberapa istilah yang mungkin saja masih terasa asing di telinga kita selaku orang awam atau yang mulai terjun menggeluti bisnis jualan online lewat internet.

Beberapa istilah dalam jual beli online umunya memakai bahasa Inggris, jadi buat anda yang sudah mengerti bahasa Inggris tidak akan asing mengenal atau mengartikan kata tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa istilah atau kata-kata yang sering ada di toko atau forum jual beli online di internet:

Advance Payment - artinya pembayaran dilakukan dimuka, barang belakangan. Pembeli membayar nilai transaksi terlebih dahulu sebelum barang dikirimkan.
ASAP - artinya As Soon As Possible, artinya sesegera mungkin barang sudah tersedia

Buyer - sebutan untuk pembeli barang atau konsumen
Booked - artinya telah dipesan oleh orang lain. Kita tidak bisa membelinya
BNIB - artinya Brand New In Box yaitu artinya barang baru belum buka segel pembungkusnya atau belum pernah digunakan sama sekali. BNIB biasanya digunakan penjual untuk meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang dijualnya benar-benar masih baru dan masih orisinil.
Bid and Run - Ungkapan Bid and Run digunakan penjual ketika ada calon pembeli yang hanya menawar atau bertanya mengenai harga barang yang dijual kemudian menghilang begitu saja tanpa ada kejelasan.

Istilah Kata Dalam Jual Beli Online di Internet
Customer - sama dengan buyer, namun ini adalah sebutan untuk pembeli loyal (sering order)
Cash in Advance - sama dengan Advance Payment
COD (Cash On Delivery) - COD adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli dengan cara bertemu langsung di titik pertemuan yang telah disepakati. Biasanya COD dilakukan untuk menimalisir terjadinya penipuan atau barang yang tidak sesuai dengan keinginan si pembeli.
CP (Contact Person) - CP biasanya berisi nomor telepon, pin BBM, akun whatsapp, YM, LINE dari si penjual yang bisa dihubungi untuk bertanya seputar barang yang dijual.

Dropship - pengiriman barang kepada konsumen dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku reseller.
DP (Down Payment) - sistem pembayaran yang tidak langsung dibayar lunas. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan untuk barang dengan sistem pre order.
Deal - artinya kesepakatan antara penjual dan pembeli

Ekspedisi - penyedia layanan jasa pengiriman. Misal: JNE, POS, TIKI, dan sebagainya.

Full payment - pembayaran penuh, atau langsung LUNAS.
FJB - artinya Forum Jual Beli
Fix No Cancel - Istilah ini digunakan oleh penjual untuk konsumen. Arti dari istilah ini adalah jika konsumen sudah memesan barang dan menyatakan jadi membeli barang yang ditawarkan, maka pembeli tidak bisa membatalkan pembelian. Biasanya pembeli akan masuk dalam daftar Blacklist jika membatalkan transaksinya.

Grosir - atau mendistribusikan diartikan sebagai penjualan barang kepada pengecer, pengguna bisnis industri, komersial, institusi atau profesional, atau kepada penggrosir lainnya dan jasa terkait.

Hit and run - Istilah untuk mereka yang pesan ini itu, janji mau bayar tanggal sekian tapi tidak menepatinya. Hit and run bisa juga istilah untuk konsumen yang rajin tanya-tanya detail produk tapi tidak pernah membeli.

Keep - Hampir sama dengan booked diatas, keep biasanya dilakukan oleh pembeli yang sudah pasti akan membeli satu produk tapi belum sempat melakukan pembayaran. Pesanan di keep terlebih dahulu agar tidak terjual kepada orang lain.

Mint Condition - Mint Condition menjelaskan bahwa barang yang dijual berada dalam kondisi seperti baru atau kondisi barang masih 90-95%.

Nett - harga bersih, menjelaskan bahwa harga barang yang dicantumkan adalah harga terendah sehingga harga barang sudah tidak bisa ditawar lagi.
Nego - Kebalikan dari Nett, istilah Nego menjelaskan bahwa harga barang yang dijual masih bisa ditawar.

PO - singkatan dari Pre Order. Ini adalah sistem yang banyak dipakai oleh mereka yang menjual barang impor, atau custom. Jadi, barang baru akan dipesankan atau diproduksi setelah jadwal PO berakhir, dan dikirim setelah barang jadi.
PnP (Plug and Play) - adalah penjelasan mengenai barang yang dijual dimana barang yang dibeli dapat langsung dipasang dan digunakan.
Price Police - Price Police adalah prilaku pembeli dimana pembeli membandingkan harga barang yang ditawarkan oleh penjual dengan penjual yang lain.
PM - Private Message artinya inbox antara penjual dan pembeli

Reseller - sebutan untuk penjual yang menjualkan barang orang lain untuk konsumennya. Dalam istilah sederhananya adalah calo.
Restock - artinya barang yang diperjualbelikan tersedia kembali, setelah mengalami out of stock.
Ready stock - artinya barang tersedia.
Return - tukar barang yang sudah dibeli dengan barang lainnya
Refund - Transaksi dibatalkan, barang dikembalikan kepada penjual dan uang dikembalikan kepada pembeli
Reject - barang tidak dalam kondisi baik, ada cacat.
Rare - Istilah Rare menjelaskan bahwa barang yang dijual adalah barang yang langka dijual dipasaran.
Resi - nomor bukti pengiriman barang yang didapatkan dari pihak ekspedisi.
Rekber - singkatan dari rekening bersama. Maksudnya ini adalah rekening pihak ke-3 yang menjadi mediator antara penjual dan pembeli.

Sold - artinya barang sudah habis terjual.
Seller - artinya adalah penjual. Mereka ini adalah para pemilik online shop.
Supplier - sebutan untuk orang yang memberikan pasokan barang pada para penjual.

OS (Online Shop) - Toko yang berjualan melalui internet; baik melalui Facebook, web, instagram, maupun BBM.
Out of stock -  Istilah untuk keadaan barang yang habis persediannya di tangan penjual atau supplier.
Over Credit - Over Credit merupakan istilah yang digunakan ketika barang yang dijual adalah barang kreditan dan sisa cicilannya dilimpahkan kepada calon pembeli.
Ongkir/shipping cost (Ongkos kirim) - biaya pengiriman dari tempat penjual ke pembeli. Ini ditanggung sama pembelinya.
ORI (Original) - merupakan singkatan dari Original yaitu barang yang dijual adalah barang asli bukan tiruan atau KW. Harga barang ORI jauh lebih mahal dibanding barang KW karena kualitasnya yang sudah pasti terjamin.
OEM (Original Equipment Manufacture) - adalah penjelasan mengenai barang yang dijual adalah barang original pabrik namun tidak dikemas dalam kemasan bagus. Barang-barang yang biasanya dijual dengan label OEM adalah sparepart. Barang OEM bisa didapatkan dari copotan produk asli yang sudah tidak dipakai atau pembelian dalam jumlah yang besar.
ODM (Original Design Manufacturer) - berarti perusahaan yang mendesain dan memproduksi satu brang yang spesifikasinya telah ditentukan (kadang mereknya juga) oleh perusahaan lain untuk dijual.

Trusted - terpercaya, bukan penipu
Trusted OS - Online shop atau toko online yang dapat dipercaya
Testimonial/Testi - Istilah untuk pesan dan kesan dari pelangganya. Ini biasanya dijadikan bukti untuk meyakinkan pembeli lainnya berdasarkan pengakuan pembeli sebelumnya
TF - Transfer uang/barang
    Demikianlah beberapa istilah atau kata-kata yang sering digunakan ketika jual beli online di internet. Jika ada istilah lain, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih!

    Advertisment