Beberapa Tips Aman Belanja Online di Internet

Online shopping atau belanja online kini jadi pilihan alternatif yang paling digemari oleh sebagian masyarakat terutama kaum muda. Dengan semakin berkembangnya akses internet di berbagai wilayah yang ada di Indonesia, belanja online jadi mudah dilakukan karena lebih hemat tenaga, biaya dan waktu.

Semakin banyak toko online yang bertebaran di internet juga menambah kemudahan bagi mereka yang sedang mencari barang-barang terbaru dan paling update, namun dampak negatif juga masih sangat rentan bahkan tidak sedikit mereka yang tertipu dari belanja online di internet sampai mencapai kerugian yang besar.

Cek toko online terlebih dahulu

Melakukan cek dan riset terhadap situs web tempat penjual online adalah penting. Sebelum memutuskan untuk berbelanja online, biasakan kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama toko online itu. Carilah ulasan atau testimoni dari konsumen mereka. Cari tanda kalau situs web itu aman? untuk mengeceknya bisa dilihat dari gambar gembok di baris status (status bar) browser atau biasanya berawalan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Beberapa Tips Aman Belanja Online di Internet
Pilih toko online yang terpercaya

Langkah kedua adalah pastikan apakah situs jual-beli online tersebut merupakan situs yang aman dan terpercaya. Pilihlah website yang terpercaya dan sudah memiliki kredibilitas dalam dunia jual-beli online. Baca juga kebijakan-kebijakan dari toko online tersebut, mulai dari garansi barang hingga kebijakan tentang pengembalian uang jika barang diterima dalam keadaan cacat. Pastikan tidak ada kebijakan yang merugikan konsumen sebagai pembeli.

Bandingkan harga produk di semua toko online

Jika sudah menemukan beberapa situs jual beli atau toko online, langkah selanjutnya adalah membandingkan harga produk yang akan kita beli. Ingat, jangan tergoda oleh iming-iming harga murah atau diskon yang tidak wajar, sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk membeli produk tersebut karena mungkin saja penjual tersebut ingin melakukan penipuan atau menjual produk palsu. Pastikan kita mengetaui terlebih dahulu kisaran harga produk tersebut di pasaran, sehingga tidak akan mudah tertipu dengan toko yang menjual produk dengan harga miring.

Teliti informasi produk yang akan dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, pastikan membaca informasi atau deskripsi terkait produk tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jika ada yang kurang jelas, kamu bisa menghubungi penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang ingin kamu beli.

Perhatikan sistem atau cara pembayaran

Toko online besar dan terpercaya biasanya sudah terintegrasi dengan SpeedCash bisa menerima pembayaran lengkap dari 137 bank nasional, kartu kredit dan paypal dengan rekening atas nama badan usaha seperti PT atau CV. Jika pembayaran dilakukan dengan kartu kredit, kita punya bukti kuat kalau sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Tapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Bank, atau COD boleh dipertimbangkan. 

Gunakan Rekber (Rekening Bersama) jika transaksi antar individu

Jika hendak melakukan transaksi atau membeli produk dengan individu atau buka melalui toko online, semisal dari forum atau jejaring sosial, selalu gunakan jasa Rekber pihak ketiga yang terpercaya (contohnya InaPay, EkiPay atau Megacash), hal ini supaya kita terhindar dari penipuan. 

Personal safety

Gunakan komputer , laptop atau notebook pribadi, jangan memakai komputer umum seperti komputer warnet atau komputer perpustakaan. Lebih baik lagi kalau komputer sudah ada anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru.

Banyak situs toko online mengharuskan setiap konsumen untuk log-in sebelum melakukan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password yang cukup sulit dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan serta jangan sembarangan memberikan data-data pribadi terutama yang berkaitan dengan rekening atau keuangan kita.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya menyimpan bukti transaksi, termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara kita dengan penjual.

Advertisment