3 Tempat Jual Beli Online Tipe Iklan Baris Terbesar dan Terpercaya

Ingin berbisnis jualan online ataupun mencari produk alias belanja online, tidak harus melalui Toko online, lewat forum besar atau situs penyedia layanan iklan baris juga bisa jadi alternatif, walaupun memang berbelanja online lebih cepat di toko online, namun ada beberapa situs atau forum online yang juga dikategorikan sebagai market atau pasar tempat jual beli online.

Seperti diketahui website e-commerce yang suda populer di Indonesia tidak sama, ada yang dikategorikan sebagai forum online dan iklan baris, website business to consumers (B2C), marketplace consumer to consumer (C2C), dan lainnya.

Baca juga: 10 Toko Online Terbesar dan Terpercaya Untuk Shopping Online

Berjualan atau belanja online di situs ikaln baris atau forum memang mudah, penjual dan pembeli bisa langsung bertransaksi online disana. Dan berikut ini adalah lima tempat untuk jual beli online tipe forum atau iklan baris yang terpercaya dan sudah banyak yang menggunakannya sebagai tempat bertransaksi online.

1. OLX
3 Tempat Jual Beli Online Tipe Iklan Baris Terbesar dan Terpercaya

OLX.co.id yang sebelumnya dikenal dengan nama Toko Bagus merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. OLX menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan lowongan kerja dan layanan lainnya.

Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di OLX, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".

2. FJB Kaskus

Forum Jual Beli
Sebagai forum online terbesar di Indonesia, Kaskus juga menyedikan tempat forum jual beli online atau FJB Kaskus - fjb.kaskus.co.id. Kaskus terbagi kedalam dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB). 

Forum adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal. FJB adalah tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk. Konsepnya memang tidak berbeda jauh dengan situs-situs online yang menyediakan layanan jual beli. Transaksi juga sudah menggunakan sistem escrow atau Rekening Bersama untuk menghindari penipuan.

3. Jualo

Jualo.com
tempat jual beli online
adalah situs jual beli aman, tukar menukar dan tawar menawar no.1 di Indonesia untuk temukan barang baru dan bekas di sekitarmu. Jualo juga merupakan marketplace jual beli barang bekas yang berfokus pada pembeli berdasarkan jarak (fungsi geo-search). Pengguna memiliki pilihan untuk membeli, menjual dan / atau menawar barang, Jualo juga memfasilitasi setiap aspek dari proses jual beli.

Dengan fitur GeoSearch ini pembeli tidak perlu was-was menunggu barang di kirim atau tidak, bisa bertatap muka dengan penjual/pembeli secara langsung, melihat barang, mengetahui domisili penjual/pembeli, dan bisa melakukan transaksi COD (Cash On Delivery).

Itulah 3 tempat jual beli online yang terbesar dan terpercaya, mungkin masih banyak situs serupa yang menyediakan forum atau iklan baris untuk jual beli online.