Tips Aman dan Hemat Belanja Online

Belanja online sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat di tengah perkembangan teknologi internet yang semakin canggih dan maju. Banyaknya toko dalam jaringan (online) sekarang ini semakin mempermudah masyarakat belanja barang-barang kebutuhan dari mana saja.

Namun dibalik kemudahan online shopping tersebut ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, karena jika tidak berhati-hati, terutama yang masih pemula, bisa menjadi korban penipuan online. Sebelumnya sudah dibahas mengenai ciri atau tanda toko online palsu.


Dan untuk lebih mengingatkan lagi, sedikitnya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berbelanja online supaya lebih aman dan nyaman.

Tips Aman dan Hemat Belanja Online
Pastikan alamat URL toko online yang dikunjungi benar - ketika Anda ingin berbelanja di toko online pastikan alamat URL (Uniform Resource Locator) yang Anda kunjungi benar. Alamat itu bisa dilihat di kolom paling atas peramban (browser).

Pastikan alamat toko (fisik) sesuai dengan yang tertera diwebsite - tips kedua yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah toko online bisa dipercaya adalah dengan memeriksa alamat kantor dan nomor telepon perusahaan daring itu. Biasanya informasi ini terdapat di website toko online bersangkutan.

Sebaiknya waspada membeli lewat media sosial (pilihan) - Media sosial entah itu facebook, twitter, instagram dan sebagainya bisa dipakai oleh siapa saja termasuk orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu waspada dan harus jeli sebelum melakukan pembelian melalui media sosial. Selalu gunakan jasa rekber atau pihak ketiga setiap akan bertransaksi lewat media sosial.

Membeli barang melalui internet tidak perlu terburu-buru. Membandingkan harga produk di beberapa toko online akan membantu anda mendapatkan harga yang lebih murah.

Meskipun membeli barang secara online tak selalu menjadikan harga barang lebih murah dibandingkan cara berbelanja konvensional, namun ada tips yang memungkinkan Anda mendapat potongan harga yang bisa dilakukan sebelum memutuskan membeli barang tersebut.

Berlangganan newsletter dan Aplikasi - toko online biasanya menawarkan berlangganan newsletter di saat Anda membuka website mereka. Pada newsletter tersebut pengguna tak hanya mendapatkan informasi mengenai produk atau barang baru, tetapi juga promosi. Biasanya, promosi diberikan khusus untuk mereka yang berlangganan newsletter dan ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapat potongan harga menarik.

Cara lainnya adalah dengan mengunduh aplikasi untuk smartphone. Terkadang, situs belanja online memberi potongan harga lebih besar bagi mereka yang memesan lewat aplikasi. Dengan mengetahui diskon yang sedang berlangsung di toko online, Anda bisa berbelanja lebih hemat.

Kupon bulanan (event) dan diskon kartu kredit - sebelum berbelanja secara online, cari tahu diskon yang ditawarkan. Cermati info potongan harga dalam situs belanja tersebut, antara lain kode voucher bulanan atau hari-hari spesial seperti hari belanja nasional atau diskon dari kartu kredit dari bank yang bekerja sama dengan toko online tersebut.

Perhatikan Ongkos kirim barang - mengitung ongkos yang harus ditambahkan atau dikeluarkan jika membeli secara online juga harus diperhatikan. Memang, ada beberapa toko online yang tidak menyertakan ongkos kirim yang harus dikeluarkan. Namun, bukan berarti tidak ada biaya tambahan untuk pengiriman jasa ekspedisi. Sebagai contoh jika anda membeli barang melalui jasa JNE dengan menggunakan pilihan Asuransi pengiriman barang, maka otomatis akan dikenakan biaya tambahan.

Advertisment