Tips Selektif Ketika Berburu Diskon Belanja Online

Berbelanja online memang sangat menyenangkan apalagi jika awal bulan yang biasanya sedang hangat-hangatnya dapat bonus gaji dari perusahaan. Membeli barang-barang secara online sudah bukan hal yang aneh saat ini, semua orang bisa melakukannya dengan berbagai alasan seperti barang yang diinginkan mudah dicari.

Sangat gampang mencari barang yang dijual di toko online, orang tinggal mencari di situs pencarian dan menulis barang yang diinginkan. Kemudian akan terdeteksi barang yang ingin dibeli dijual di toko online mana. Ada banyak toko online yang menjual barang yang hampir sama dengan harga bervariatif. Untuk mendapatkan yang lebih murah, orang-orang juga bisa membandingkan harga tanpa perlu berjalan dari satu toko ke toko lain. Cukup melakukannya dari rumah, kantor, atau kafe.

Selain hal di atas, ada beberapa hal lain lagi yang menjadi alasan kenapa belanja online sangat disukai, yaitu karena lebih murah dan hemat. Barang-barang yang dijual di toko online memang lebih murah dibandingkan dengan di toko offline karena pedagang tidak perlu mengeluarkan uang sewa toko. Selain harga barang yang lebih murah, konsumen bisa lebih menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bensin atau membayar angkutan umum.

Tips Selektif Ketika Berburu Diskon Belanja Online
Beberapa toko online besar juga biasanya menawarkan diskon atau potongan harga yang lebih murah, namun tidak jarang terjadi penipuan berkedok online sale. Mulai dari barang yang tak kunjung datang, sampai barang yang datang tidak sesuai dengan apa yang sudah dipesan secara online. Hal ini tentunya merupakan penipuan yang dilakukan oleh seller atau penjual. Untuk itu, bagi Anda yang suka berbelanja online, perlu mengetahui beberapa tips berikut agar tidak terjebak rayuan diskon aal-abal atau palsu.


Amati review dan info produk

Hal yang pertama perlu anda lakukan adalah memperhatikan review produk atau info barang yang akan dibeli. Biasanya akan ada halaman tersendiri yang memberikan informasi lengkap mengenai barang yang ditawarkan tersebut. Di laman itu anda bisa melihat mulai dari spesifikasi, hingga kondisi barang tersebut. Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini untuk memastikan barang yang datang nanti sesuai dengan info yang diberikan.

Perhatikan reputasi seller

Toko online seperti tokopedia, bukalapak, mataharimal dan sebagainya merupakan online store yang menampung banyak sekali penjual di dalamnya. Barang-barang yang anda pilih sejatinya merupakan barang-barang dari penjual yang ditaruh di laman toko online tersebut. Untuk itu ketika anda sudah menentukan produk apa yang akan dibeli, anda perlu melihat reputasi penjual atau seller tersebut, biasanya akan ada informasi sudah seberapa banyak seller tersebut menjual barang, dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap barang-barang yang dijual oleh seller tersebut.

Perhatikan Gambar Diskon

Hal yang lainnya yang bisa membantu anda agar tidak terjebak dengan rayuan diskon saat belanja online adalah melihat gambar produk yang diposting. Perhatikan apakah gambar tersebut memang sesuai dengan produk yang anda cari, sesuaikah dengan info produk yang ada di halaman tersebut. Apabila yang anda temukan tidak sesuai maka sebaiknya hindari untuk membeli produk tersebut karena hal ini menunjukkan adanya ketidaksesuaian info dan gambar produk yang bisa berujung pada penipuan.