Peluang Usaha Bisnis Affiliate Toko Online Lokal

Banyaknya Toko Online besar yang sudah beroperasi dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen di Indonesia adalah peluang besar bagi yang sedang mencoba usaha atau bisnis online di sektor E-commerce. Dalam perkembangannya model bisnis toko online sedikitnya ada 3 peluang usaha yang bisa dijalankan yaitu menjadi Affiliate, Reseller dan Dropship.

Meskipun pada dasarnya ketiga tipe usaha tersebut adalah sama yaitu menjadi media perantara antara produsen/distributor atau pemilik toko online dengan end user/konsumen atau pembeli. Namun bisnis affiliate adalah paling direkomendasikan untuk pemula yang baru mulai mencoba bisnis online.

Ada banyak Toko online besar yang membuka program Afiliasi dengan komisi yang cukup menguntungkan 5 - 75%. Beberapa toko online khususnya lokal yang menyediakan program affiliate yang sudah terbukti membayar membernya diantaranya:

1. Lazada - lazada.co.id menawarkan komisi sebesar 2,5-10% tergantung dari kategori produk di dalam transaksi yang berasal dari pemasar yang bersangkutan. Disediakan juga suport dan berbagai macam jenis media promosi seperti banner, produk feed, kode voucher, API, dan promosi spesial.

2. Bhineka - bhinneka.Com menawarkan program Afiliasi dengan komisi sampai dengan 5%. Seluruh produk yang terdapat pada website Bhinneka (kecuali produk dijual di Bursa) bisa langsung dibuatkan link promosi dengan cara yang sangat mudah.

Bisnis Affiliate Toko Online Lokal
3. Blibli - blibli.com menyediakan program affiliate yang cukup menguntungkan, mereka menarkan komisi sampai 20% khusus produk fashion. Beberapa fitur menarik lainnya adalah Durasi Cookie 30 Hari, Real time Report serta disediakan ebook atau buku panduan gratis untuk pemasaran.

4. Zalora - zalora.co.id menawarkan komisi program affiliasinya sampai dengan 12%. Struktur komisi berjenjang dengan reward khusus untuk setiap top seller, cookie lifetime: 30 days, support and saran dari tim Affiliate Zalora serta validasi penjualan: 45 hari setelah pesanan diterima.

5. Bilna - bilna.com memberikan komisi sebesar 5% untuk setiap transaksi program affiliasi mereka. Publisher akan mendapatkan link khusus yang sudah diberi kode tracking sehingga setiap transaksi yang datang dari publisher akan diketahui oleh system Bilna.

6. Store - store.co.id toko butik ini sama seperti bilna menawarkan komisi affiliasi 5%. Komisi diberikan dengan batas minimal Rp. 200.000. Terdapat juga fasilitas tool promosi gratis yang sudah disediakan oleh tim female store.

7. Ratakan - ratakan.com situs marketplace produk digital yang paling besar memberikan komisi yaitu sampai 75%. Alat promosi lengkap disediakn berupa link general, link produk affiliate, link form order, banner dan juga kupon diskon yang bisa digunakan untuk promosi offline maupun online tanpa perlu menggunakan link affiliate apapun.

8. Tokoone dan Tokoina - tokoone.com adala situs marketplace yang juga menyediakan program affiliasi dengan komisi 7%. Komisi dibayarkan kepada member setiap dua bulan sekali, ditransfer langsung ke rekening member dengan saldo minimum untuk pembayaran adalah Rp. 10.000. Sementara tokoina.com menawarkan komisi sampai 6% dengan batas pembayaran Rp. 50.000.

9. Yubi - yukbisnis.com menawarkan program Yubi Affiliate yang memungkinkan Anda untuk berbisnis online dan mendapatkan penghasilan tanpa harus pusing memikirkan stock barang, pengiriman, pembayaran, dan lain-lain. Komisi yang ditawarkan juga cukup besar sampai 50%. Tool promosi disediakan mudah dengan keuntungan track cokies selama 1 tahun penuh.

10. Zocko - zocko.com dirangcang untuk situs sosial affiliate. Meskipun situs ini adalah bukan situs lokal namun mereka bekerjasama dengan situs marketplace besar yaitu Elevania untuk memberikan produk affiliasi kepada member. Hanya dengan mendaftar lewat sosial media facebook dan twitter anda sudah berpeluang mendapatkan komisi antara 5 - 10% dan akan dibayarkan melalui paypal dengan batas minimal $50.

Masih banyak lagi website toko online yang mungkin membuka program affiliasi untuk bisnis online. Dengan mengikuti affiliate program tersebut, ada banyak keuntungan diantaranya:
  • Resiko yang minim dengan potensi penghasilan besar
  • Tidak perlu pusing dan repot menyediakan produk artinya tidak akan ada biaya produksi
  • Tidak harus membuat website toko online
  • Promosi bisa dijalankan kapan dan dimana saja entah itu diblog pribadi, di jejaring sosial, forum, iklan baris dan sebagainya.
Secara umum sistem Afiliasi dijalankan tanpa syarat apapun, kita hanya diwajibkan mendaftar, tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan kita tawarkan terlebih dahulu. Tugasnya hanya sebatas mempromosikan produk atau jasa sebanyak-banyaknya untuk memperoleh komisi atas hasil penjualan.

Selain menjadi peluang untuk mendapatkan pasif income, affiliate program juga menjadi satu langkah pembelajaran untuk anda yang akan memulai bisnis online. Selamat mencoba!