Cara Melacak Atau Cek Resi Pengiriman Barang Toko Online

Jika anda berbelanja via internet atau sudah membeli barang di salah satu toko online, maka pesanan barang atau paket yang dipesan akan dikirimkan oleh penjual melalui jasa ekspedisi. Beberapa jasa pengiriman barang yang umum digunakan oleh marketplace atau toko online besar contohnya seperti JNE, Pos, Wahana, Dakota dan sebagainya.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Untuk Online Shop

Ketika Toko online mengirimkan barang/paket melalui jasa ekspedisi tersebut di atas maka akan mendapatkan RESI, berupa nomor unik yang biasanya 13 sampai 20 angka. Fungsi dari nomor tersebut adalah untuk melacak keberadaan barang yang dikirim. Nomor Resi sendiri bisa dikatakan sebagai tanda terima secara tertulis (tentang surat, paket atau uang kiriman).

Cara Melacak Atau Cek Resi Pengiriman Barang Toko Online
Untuk melacak No.Resi pengiriman barang/paket misalnya cek Resi JNE atau cek Resi Pos, beberapa Toko online besar biasanya sudah menyediakan fitur atau tombol pelacakan. Contohnya seperti di Tokopedia, ketika penjual sudah mengirimkan barang kepada pembeli, maka otomatis No.Resi akan ditampilkan pada menu orderan termasuk tombol pelacakan.

Jika toko online tidak menyediakan fitur pelacakan, untuk cek Resi pengiriman barang ini caranya sangat mudah, Anda bisa mengunjungi langsung situs Jasa Ekspedisi yang mengirimkan barang, contonya jika barang dikirim oleh JNE:
  • Minta nomor resi dari pengirim paket atau penjual/toko online.
  • Masuk ke website www.jne.co.id 
  • Masukkan nomor resi tersebut ke kolom “trace and tracking” yang telah disediakan. Jangan lupa centang kode captcha lalu klik tombol “search”.
  • Jika input nomor resi benar, di layar akan tampak keterangan tentang kiriman barang/paket. Untuk melihat lebih detil sampai di mana posisi kiriman paket, tinggal klik link Nomor Resi tersebut.
Cara melacak no resi lainnya bisa melalui situs pelacak no resi online, diantaranya:

Cekresi - www.cekresi.com . Situs ini memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mengecek status setiap resi. Cukup masukkan nomor resi, maka Anda bisa langsung mengetahui posisi paket tanpa perlu menentukan pilihan kurir yang digunakan. Mengenali otomatis (auto detect) resi dari 19 ekspedisi pengiriman: JNE, TIKI, EMS, Pos Indonesia, Pandu Logistics, Pahala, Wahana, Tikindo, Citoxpress, REX Indonesia, Nex Logistic, Sicepat, Lion Express, Rosalia Express, First Logistics, RPX Holding, NCS, Dakota cargo, Cahaya Logistik, PCP Indonesia, (Malaysia) Pos Laju, Skynet.

Pengirim - www.pengirim.com - Sama seperti situs diatas, pengirim juga memberikan kemudahan untuk melacak no resi secara online dari berbagai jasa ekspedisi. Pengirim.com merupakan layanan untuk membantu pengorganisasian kumpulan nomor resi, memantau status paket, dan membagikannya kepada orang lain. Pengirim.com juga menjadi penghubung antara penerima paket, agen pengiriman, dan pengirim paket.

Kedua situs tersebut di atas bisa digunakan untuk melacak atau cek no resi pengiriman barang/paket dengan mudah cepat dan tepat sesuai No. Resi pengiriman paket/barang.